Sunday, October 12

Ingin Langsing? Diet Rendah Karbohidrat!


lifestylebypoliquin. / Dok
Diet rendah karbohidrat.
Diet rendah karbohidrat lebih baik untuk menurunkan berat badan dan risiko sakit jantung.
NEW ORLEANS – Ingin menurunkan berat badan? Sejumlah ilmuwan menyarankan untuk menyantap makanan rendah karbohidrat. Selain melangsingkan, diet rendah karbohirat juga lebih baik untuk mengurangi risiko sakit jantung dibandingkan diet rendah lemak, menurut studi baru peneliti Amerika Serikat.

Studi yang dikutip NBC News dari Reuters, awal bulan ini, menunjukkan dengan konseling gizi yang tepat, orang dapat dapat menurunkan lebih banyak berat badan dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung denag diet rendah karbohidrat, menurut penulis utama Dr. Lydia Bazzano dari Tulane University di New Orleans, AS.

Bazzano dan rekan-rekannya merekrut 148 pria dan perempuan obesitas berusia antara 22 dan 75 tahun. Separuh partisipan secara acak menyetujui untuk melaksanakan diet rendah karbohidrat selama setahun. Diet rendah karbohidrat di sini maksudnya mengganti karbodidrat sederhana seperti nasi atau tepung dengan karbohidrat kompleks.


Selama penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa orang-orang yang diet rendah karbohidrat lebih banyak kehilangan berat badan dan lemak tubuh ketimbang mereka yang diet rendah lemak—tambahan sekitar 3,8 kilogram.

Selain itu, para peneliti tidak melihat kenaikan dalam kolesterol total atau kolesterol “jahat” LDL antara kedua grup. Menurut Bazzano, ini kabar baik mengingat beberapa kalangan berpendapat diet rendah karbohidrat akan meningkatkan tingkat kolesterol.

Sumber : Sinar Harapan

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...