Sunday, October 12

Kuning Telur Mengandung Banyak Vitamin


Setiap kuning telur mengandung tujuh vitamin, yaitu vitamin B6, B-12, A, D, E, K, dan folat.

Banyak orang yang enggan memakan kuning telur karena memiliki kandungan kolesterol tinggi. Namun, kuning telur juga memiliki kandungan gizi dan vitamin yang tinggi. Berikut beberapa manfaat kuning telur seperti dilansir livestrong, Minggu (17/11).

Kuning telur mengandung lebih banyak vitamin dibanding putih telur. Setiap kuning telur mengandung tujuh vitamin, yaitu vitamin B6, B-12, A, D, E, K, dan folat. Tak hanya vitamin, baik kuning telur maupun putih telur memiliki 13 jenis mineral, yaitu kalsium, magnesium, besi, potasium, sodium, dan selenium. Meskipun kedua bagian telur itu sama-sama mengandung mineral, kuning telur memiliki kandungan mineral yang lebih banyak. Sebanyak 90 persen kalsium terdapat pada kuning telur dan ada 93 persen kandungan besi pada kuning telur.
Kuning telur juga dapat menyehatkan mata. Kuning telur memiliki zat karotenoid lutein dan zeaxanthin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Menurut para peneliti, karotenoid merupakan pigmen berwarna yang memberi warna kuning pada kuning telur. Zat itu dapat menurunkan risiko penyakit katarak dan berperan sebagai zat antioksidan untuk mata. Zat itu melawan radikal bebas yang dapat merusak beberapa bagian pada retina sehingga dapat memengaruhi kemampuan mata untuk fokus.
Kuning telur juga memiliki zat kolin yang dapat meremajakan fungsi jantung dan kardiovaskuler. Selain itu, penelitian dari University of North Carolina di Chapel Hill mengungkapkan, perempuan yang mengonsumsi makanan dengan kadar kolin yang tinggi dapat mencegah penyakit kanker payudara. (Livestrong)

Sumber : Sinar Harapan

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...